Jumat, 05 Agustus 2016

Pengertian Arduino Board dan Arduino Software

  Lanjut ke post selanjutnya, yaitu saya akan memberi tahu apa itu Arduino. Sebenarnya arduino terbagi menjadi 2 tipe yaitu bisa berbentuk board (seperti MoBo pada PC) dan juga ada berbentuk software.

Baiklah saya akan memberikan pengertian terhadap kedua tipe Arduino tersebut.

1. Arduino Board
   Arduino board ini merupakan perangkat keras yang dimana dapat kita sentuh dan dapat kita lihat secara nyata. Dan juga pada Arduino ini terdapat pin I/O yang dapat dihubungkan ke perangkat-perangkat tambahan lainnya. Seperti Sensor, LED dan juga Motor. Yang memilih 14pin untuk Output serta juga memiliki 6port untuk Input. Berikut contoh dari Arduino, saya menggunakan Arduino UNO R3.




Itulah contoh dari Arduino board, Arduino ini merupakan sebuah mikrokontroler yang bersifat khusus. Pengertian Mikrokontroler sudah saya jelaskan pada post yang sebelumnya, dan pada board ini hanya bisa memberikan tegangan sebesar 5V.


2. Arduino Software
    Arduino yang ini sangat berbeda dengan yang board, yang software ini bertujuan sebagai aplikasi yang berguna untuk menuliskan script yang ingin kita perintahkan untuk beberapa perangkat yang terhubung pada  board tersebut. Dari aplikasi ini kita dapat menuliskan perintah atau script pada perangkat lain seperti LED, Sensor dan Motor. Apikasi ini dapat dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti Proteus 7 atau 8 untuk menjalankan apakah perintah atau script yang kita tulis tersbut sudah benar dan dapat dijalankan sebelum kita hubungkan ke Arduino Board-nya.



Gambar diatas merupakan contoh dari Arduino software yang berfungsi untuk memasukkan script yang ditulis kemudian di compile ke Proteus atau langsung ke Boardnya.

Sekian Post yang telah saya tulis ini, Terima Kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca post yang telah saya buat dengan pengalaman saya sendiri. Sekali lagi Terima Kasih untuk para viewers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar