Senin, 10 Desember 2018

Rancang Bangun Layanan Cloud Computing Berbasis IaaS Menggunakan VMWare


Rancang Bangun Layanan Cloud Computing Berbasis IaaS Menggunakan VMWare

Komputasi awan pada dasarnya adalah satu bentuk pendistribusian data yang memungkinkan pengguna makin meningkatkan kemampuan untuk menyerap begitu banyak sumber daya jaringan komputer melalui internet untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Misalnya, jika seseorang ingin menganalisa pola lalu lintas jalan raya di sebuah negara, mereka dapat meng-upload dan menyimpan data ke dalam 'awan' berupa jaringan komputer yang memiliki banyak server data dan kemudian mempresentasikan hasilnya yang merupakan olahan data dari satu jaringan raksasa.
Di sisi lain, komputasi awan bisa dengan sangat efektif menekan ukuran data pada saat pendistribusian. Banyak dari platform komputasi awan memungkinkan pengguna untuk mengetahui kapasitas komputasi yang tersedia dari awan, sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat. Pengguna juga dapat mengkonfigurasi sebuah 'mesin virtual' yang ada di dalam awan untuk memenuhi kebutuhan dari pekerjaan mereka untuk diselesaikan dengan sebaik mungkin. Saat pengguna telah mengkonfigurasi jenis mesin virtual yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka, mereka bisa segera mengakses berbagai penyedia layanan dan membuat system komputasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka lakukan.
Model layanan:
·   Cloud Software as a Service (SaaS). Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah dengan menggunakan aplikasi penyedia berjalan pada infrastruktur cloud. Aplikasi dapat diakses dari berbagai perangkat klien melalui antarmuka klien seperti web browser (misalnya, email berbasis web). Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan infrastruktur cloud yang mendasari termasuk jaringan, server, sistem operasi, penyimpanan, atau bahkan kemampuan aplikasi individu, dengan kemungkinan pengecualian terbatas pengaturan aplikasi pengguna.

·   Cloud Platform as a Service (PaaS). Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah untuk menyebarkan infrastruktur yang dibuat oleh konsumen  ke cloud atau perolehan aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan alat yang didukung oleh provider. Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan infrastruktur cloud termasuk jaringan, server, sistem operasi, atau penyimpanan, namun memiliki kontrol atas aplikasi yang dikerahkan dan mungkin konfigurasi lingkungan aplikasi hosting. 

·      Cloud Infrastructure as a Service (IaaS). Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah untuk pengolahan penyediaan, penyimpanan, jaringan, dan dasar sumber daya komputasiyang lainnya, dimana  konsumen dapat menyebarkan dan menjalankan perangkat lunak sekehendaknya, yang dapat mencakup sistem operasi dan aplikasi. Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan infrastruktur awan yang menjadi dasar tetapi memiliki kontrol atas sistem operasi, penyimpanan, aplikasi dikerahkan, dan mungkin kontrol terbatas pada pemilihan komponen jaringan (misalnya, firewall host).



Berikut langkah-langkah instalasi :
Untuk melihat langkah-langkah instalasi VMWare dapat dilihat pada link URL dibawah :

Untuk melihat langkah-langkah instalasi dan konfigurasi FreeNas pada VMWare dapat dilihat pada link URL dibawah :

Klik Disini!


Untuk melihat langkah-langkah pengguna untuk mengakses sistem yang telah dibangun di  FreeNAS dapat dilihat pada langkah berikut:
 1. Install aplikasi : Initiator-2.08-build3825-x86fre.exe. aplikasi ini hanya dapat digunakan pada platform Windows XP. Kemudian tekan tombol next.



 2. Kemudian tekan tombol next tanpa harus mengubah konfigurasi.

  3. Dan tunggu instalasi initiator selesai, kemudian finish.


 4. Lakukan konfigurasi initiator sebagai berikut agar terhubung ke FreeNAS. Tekan tombol change dan isi initiator name sesuai dengan yang telah dikonfigurasi pada FreeNAS

  5.Kemudian masukkan password yang telah disimpan pada saat konfigurasi FreeNAS, lalu ok.




 6. Kemudian masukkan IP Address FreeNAS, pada langkah ini mendapatkan ip 192.168.149.128, kemudian masuk ke tombol advance.


7. Kemudian pada konfigurasi advance, pada tab local adapter pilih “ Microsoft iSCSI Initiator” kemduian ceklis pada checkbox “CHAP logon information” masukkan username dan password yang telah dikonfigurasi pada FreeNAS lalu tekan ok.

8.    8. Kemudian pada tab target akan tampil  yang menandakan target yang akan dicapai, kemudian tekan tombol “log on”.

 9. Setelah tekan tombol logon, tekan kembali tombol “advance” pada tab “local adapter” pilih “Microsoft iSCSI Initiator”, pada tab “target portal” pilih ip address FreeNAS. Pada “checkbox CHAP logon information” masukkan username dan password, kemudian ok.

10.  Setelah lakukan konfigurasi diatas, maka target sudah berubah status menjadi connected. Kemudian pada tab “pressistent targets” akan tampil nama yang menjadi target.

 11.  Kemudian pilih tab “bound volumes/device”, maka akan tampil volume penyimpanan yang telah disediakan oleh FreeNAS yang telah dikonfigurasi


Proses selanjutnya berguna untuk mendeteksi harddisk yang telah disediakan pada FreeNAS dan akan diakses oleh user.

12.  Kemudian masuk pada device manager pada Windows XP dan pilih pada “disk management” lalu tekan next.

 13.  Kemudian akan terdapat pilihan disk 1 centang pada disk 1 kemduian next dan finish.

14.  Setelah selesai kemudian pilih disk 1 yang menjadi new volume dengan dua kali klik maka akan tampil untuk konfigurasi volume harddisk yang baru kemudian next.

15.  Kemudian pada select disk langsung saja next.

16.  Kemudian pilih inisial volume lalu next.

17.  Lakukan format terhadap volume yang telah dibuat lalu next.

18.  Lalu akan tampil bahwa konfigurasi volume baru dari FreeNAS telah selesai.

19.  Kemudian akan tampil volume ang telah dibuat tadi akan difromat secara otomatis oleh sistem.

20.  Volume yang telah dibuat dapat digunakan oleh client.