Rabu, 03 Agustus 2016

Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler

 Baiklah pada kali ini saya akan berbagi ilmu tentang MikroProsesor dan Mikrokontroler. Mungkin sebelumnya kita dapat atau harus memahami dulu apa itu yang dimaksud dengan Mikroprosessor dan apa itu Mikrokontroler.

 1. Pengertian Mikroprosesor
   
     Mikroprosesor ini sama fungsi-nya seperti CPU (Central Processing Unit), dimana merupakan otak yang dapat mengatur kinerja beberapa perangkat yang telah disambungkan pada mikroprosesor tersebut. Tetapi pada mikroprosesor ini belum ada namanya perangkat-perangkat seperti memori. Jadi pada mikroprosesor ini hanya berisi 1chip prosesor saja.

 2. Pengertian Mikrokontroler
   

     Mikrokontroler ini fungsinya sama dengan mikroprosesor, yaitu merupakan sebuah sumber atau otak yang dapat mengatur kinerja atau memrintahkan beberapa perangkat yang telah disambungkan pada mikrokontroler tersebut.


3. Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler
   Yap, ada beberapa perbedaan terhadap Mikroprosesor dan Mikrokontroler, yaitu :

  • Hemat Biaya, dimana pada Mikroprosesor hanya memiliki chip utama saja. Sedangkan dimana Mikrokontroler sudah terdapat beberapa perangkat, seperti halnya memori, IC(Intergrated Circuit) dan beberapa hal lainnya. Jadi pada Mikroprosesor kita harus membeli beberapa item lain yang digunakan
  • Perbedaan fungsi, kita tahu fungsi dari kedua perangkat ini sama, jadi pada mikroprosesor ini fungsi nya bersifat general atau umum. Contoh kita dapat membuat untuk kulkas atau yang lain. Sedangkan pada mikrokontroler ini penggunaan terhadap perangkat nya bersifat khusus untuk melakukan beberapa hal yang bisa digunakan atau berapa port I/O yang telah tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar